Architecture

[Arsitektur][bleft]

Adventure

[Adventure][twocolumns]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

17 Rumah Pohon Paling Keren Dari Seluruh Dunia

Blog Rumah Hijrah - Seperti halnya anak-anak, kebanyakan dari kita kadang masih bermimpi memiliki rumah pohon sebagai tempat yang aman - tempat rahasia untuk bersembunyi dan menyembunyikan segala hal. Betul kan? Menariknya, orang-orang di beberapa negara justru tidak melihat rumah pohon sebagai tempat eksotis, melainkan sebagai bagian kehidupan sehari-hari. Di New Guinea, misalnya, orang Korowai tinggal di rumah pohon secara permanen. Rumah yang tinggi diatas pohon tersebut membantu melindungi makanan dan barang-barang mereka dari binatang dan banjir serta bahaya lainnya yang kemunginan mengancam.


Rumah Pohon suku Karowai, Papua New Guinea (Foto BBC)
Untunglah, rumah pohon atau treehouse tersebut benar - benar dapat menjadi tempat persembunyian seperti dalam dunia dongeng atau menjadi tempat tinggal yang sangat eksotis. Bagi mereka yang berusaha mewujudkan impian masa kecil mereka dan mencari cara unik buat refreshing dan bersantai, nah, arsitek dan desainer sekarang menawarkan beberapa rumah pohon dan hotel keren untuk liburan. Konsepnya bukan lagi sebuah pondok kayu yang tradisional, melainkan diantaranya menampilkan beberapa lantai atau bahkan elemen kaca dan cermin. Wah penasarankan?
Kali ini saya pilihkan buat Anda 17 Rumah Pohon paling keren dari seluruh dunia, barangkali saja jadi inspirasi buat Anda untuk berlibur, bersantai atau jangan-jangan buat bernostalgia.
1. Three Story Treehouse (British Columbia, Canada)

Kenapa harus punya rumah pohon satu lantai, kalau bisa punya tiga? Yang satu ini disebut-sebut sebagai rumah pohon tertinggi di British Columbia, Kanada. Kalau Anda penasaran coba saja temukan di suatu tempat di dekat Revelstoke. (Image Credits: imgur.com)


2. Mirror Tree House (Swedia)


Nyaris tak terlihat dan tersembunyi dengan sempurna, Mirror House adalah bagian dari proyek Tree Hotel di Utara Swedia. Sekeren penampakannya, kira-kira burung bisa melihatnya nggak ya?. (Dirancang oleh: Tham & Videgard)


3. The Bird’s Nest Tree House (Swedia)


Rumah pohon satu ini, mungkin akan sangat membingungkan burung-burung. Meski terlihat seperti sarang masif dari luar, rumah itu memiliki kamar modern dan berstandar tinggi yang dibangun di dalamnya lho. (Dirancang oleh: inredningsgruppen.se)

4. The HemLoft Treehouse (Whistler, Canada)



Setelah pensiun pada usia 26 tahun, seorang pengembang perangkat lunak bernama Joel Allen beralih profesi menjadi tukang kayu dan memenuhi mimpinya untuk "membangun sesuatu yang keren". Tadinya sih karyanya ini dipandang sebelah mata tapi kemudian ia sendiri tidak pernah mengira proyek pribadi ini akan ditampilkan di majalah desain internasional! (Image Credits: Joel Allen)

5. Treehouse di Muskoka (Ontario, Canada)


Dirancang oleh Lukasz Kos, Treehouse ini dibangun dia atas empat pohon di Danau Muskoka di Ontario, Kanada, dan mengapung di udara seperti lampionraksasa yang berada di atas panggung. (Image Credits: imgur.com)

6. Minister’s Treehouse (Crossville, Tennessee, USA)


Struktur bangunan setinggi 30,5 meter ini dikatakan sebagai rumah pohon tertinggi di dunia, dan dibangun seluruhnya dari kayu reklamasi oleh Horace Burgess di Crossville, Tennessee. (Image Credits: imgur.com)

7. Yellow Treehouse Restaurant


Restoran ini berada di Auckland, Selandia Baru, menawarkan pengalaman bersantap yang menakjubkan: restoran ini tampaknya dilipat secara organik di sekitar pohon dan mampu menampung hingga 18 tamu sekaligus. (Dirancang oleh: Peter Eising & Lucy Gauntlett)

8. Treehouse di Seattle (USA)


Rumah pohon yang satu ini seolah-olah tidak ada yang dapat mempercayainya bila bukan berada di dunia dongeng, perhatikan jembatan tali yang mengarah ke depan pintunya! (Image Credits:  jasfitz)

9. Free Spirit Sphere Treehouses (Canada)


Dibangun dengan visi dan rekayasa, karya ini seperti liontin yang terperangkap dalam jaring tali. Mengambil lokasi yang benar-benar unik di dunia dan menyediakan habitat liar bagi siapapun. (Image Credits: freespiritspheres.com)

10. Treehouse by Takashi Kobayashi (Japan)


Dirancang oleh Takashi Kobayashi, Tree House ini berusaha untuk "memecah perasaan pemisahan yang ada antara manusia dan alam." (Dirancang oleh: Takashi Kobayashi)


11. Senior Center Turned Treehouse (Ghent, Belgia)


Rumah pohon ini di berada Belgia dibuat untuk festival seni TRACK: Konversi Kota Kontemporer, dan merupakan versi miniatur rumah di belakangnya. (Dirancang oleh: Benjamin Verdonck)
12. O2 Treehouse (USA)


Rumah Pohon O2 berusaha untuk "mengilhami umat manusia untuk mempertimbangkan kembali bagaimana kita dapat hidup tanpa alam" dengan menciptakan komunitas rumah pohon di seluruh dunia. (Dirancang oleh: o2treehouse.com)
13. Treehouse for Birds and People (Andu Momofuku Centre, Jepang)


Konsep rumah pohon modern oleh Nendo menawarkan kemungkinan untuk mengintip ke kehidupan pribadi burung. Rumah ini terbagi menjadi dua bagian dan disekat dengan dinding berlubang kecil untuk mengintip, Sehingga siapapun dapat melihat apa yang sedang dilakukan burung di sisi lain dinding mereka. (Dirancang oleh: nendo)
14. Eco-friendly Finca Bellavista Treehouse (Costa Rica)


Rumah pohon ini adalah bagian dari komunitas rumah pohon Finca Bellavista yang ramah lingkungan di Kosta Rika. Seluruh properti komunitas hunian tersebut sekarang memakan lebih dari 600 hektar, dan semuanya terhubung oleh jembatan gantung! (Image Credits: Anders Birch)
15. Plane Treehouse (Costa Rica)


Meskipun tidak seluruhnya merupakan rumah pohon, Boeing 727 vintage ini awalnya dibeli oleh Joanne Ussary seharga $ 2.000,00. Kemudian dia menghabiskan $ 4.000,00 untuk memindahkan pesawat dan $ 24.000,00 untuk merenovasi ke rumah pohon Executive Suite 727 ini. Sebuah jacuzzi di kokpit hanyalah salah satu gagasan menarik yang dia miliki untuk rumah barunya! (Baca ulasannya disini)
16. Teahouse Tetsu (Yamanashi, Jepang)


Rumah pohon yang dirancang oleh Terunobu Fujimori menggabungkan minimalisme dan fantasi. Interiornya sederhana dan modern, sementara eksteriornya terlihat seperti halaman dari dunia dongeng. (Image Credits: Amazon.com)
17. UFO Treehouse (Swedia)


Swedish Tree Hotel memutuskan untuk memilih konsep yang sama sekali berbeda setelah membangun rumah pohon Sarang Burung, berikutnya mereka membangun rumah pohon UFO ini. (Image Credits: treehotel.se)
Apakah kamu sudah memilih mana Rumah Pohon atau tree house terkeren menurutmu ? Saya Ramadhan, selamat datang di Blog Rumah Hijrah, salam hangat dari kota Madinah. 

Tidak ada komentar: