Architecture

[Arsitektur][bleft]

Adventure

[Adventure][twocolumns]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

5 Tips Agar Sukses Mendesain Rumah Bergaya Arab Modern


Blog Rumah Hijrah - Mudah-mudahan kamu semua tidak bosan bila lagi-lagi saya mengulas tentang arsitektur yang bergaya Arab. Tapi kali ini nuansa yang ingin saya tampilkan adalah sentuhan modern yang coba dipadu padankan sehingga tidak meninggalkan kesan khas timur tengah. Tradisional tidak harus kuno. Begitulah pesan yang ingin saya tuangkan disini.

Pertemuan Timur barat melalui desain telah cukup dikotomi, terutama ketika harus merancang. Keduanya memiliki konsep yang bervariasi sehingga pertemuan yang kontradiktif ini bisa tampak sedikit berlebihan, tapi yakinlah bahwa hal itu pasti bisa dilakukan. Buktinya, saya akan mengajak kamu untuk melihat-lihat hal-hal yang sebaiknya dilakukan dalam mendesain rumah Arab modern dengan bentuk yang sama sekali dikotomis. Berfokus pada 5 tips, inilah cara sukses mendesain rumah bergaya arab modern dengan nilai estetik yang tinggi. 


1. TABIR MODERN DAN GEOMETRIS

Inti kekuatan dari tema Arab ada dalam geometrinya, dan ketika kita menggabungkannya dengan tema modern, kita mendapatkan formasi hibrida yang terletak di antara transisi dan kontemporer. Desain rumah Arab modern dapat menggabungkan geometri dan modernisme pada saat bersamaan dengan menggunakan layar potong CNC dengan kombinasi bahan modern. Bersama-sama, aspek-aspek ini akan berhasil menggabungkan aspek modern dan nuansa timur tengah yang kental.



2. BUSUR DALAM MODERNISME

Jangan lupakan profil busur jika kamu mau membuat nuansa Arab dirumahmu menjadi lebih kentara. Karena busur adalah ciri khas negeri-negeri di timur tengah, memberikannya sentuhan modern bisa jadi hal yang rumit. Tapi untuk mendapatkan kesan modern tersebut, kamu hanya perlu memoderasi antara jenis busur yang kamu gunakan, dan bagaimana kamu benar-benar menerapkan estetikanya. Pada akhirnya, itu semua tergantung pada gaya busur yang digunakan, dan seberapa besar usahamu untuk dapat membuatnya terlihat sesuai konteks konsep yang diberikan.



3. SKEMA WARNA

Mungkin aspek tersulit yang bisa kamu capai untuk desain Arab modern, skema warnanya perlu diputuskan sembari mengingat semua elemen desain. Ini hanya bisa terlihat oke jika ada keseimbangan sempurna antara aspek tema modern dan aksen Arab. Karena ada penjajaran yang tegas antara selera warna modern dan Arab, pilihan terakhir bergantung mana yang paling dominan pada bagian dalam interior tersebut. Jika lebih prima dan modern, maka skema warnanya harus hangat dan nyaman untuk menyeimbangkannya. Jika lebih tradisional Arab, maka warna langit-langit harus dilipat ke skema achromatic yang lebih modern.



 4. PENCAHAYAAN YANG RELATIF

Suasana umumnya tercipta oleh pencahayaan, dan ini menjadikannya aspek kunci dari desain rumah Arab modern. Kebanyakan yang digunakan adalah pencahayaan emas redup dengan perlengkapan kuno untuk mengilhami sentuhan timur, sekaligus menampakkan kesan modernitas yang tersembunyi dalam keseluruhan desain.



5. AKSESORISASI DESAIN RUMAH TANGGA MODERN

Jika keseluruhan aspek desain rumah Arab modern seimbang dan proporsional, maka dekorasinya harus lebih tradisional - dengan aksesoris tradisional dan perhiasan mewah-mewah yang diletakkan di atas meja dan laci-laci di dalamnya. Pendekatan lainnya melalui permadani dengan memasangkannya mengikuti estetika kekinian.


Kami berharap sentuhan kecil ini bisa membawa kamu untuk menciptakan desain rumah Arab modern yang lebih baik. Saya Ramadhan, selamat datang di Rumah Hijrah, salam hangat dari kota Madinah.

Tidak ada komentar: